K-On Tsumugi

Jumat, 18 Maret 2011

Jejaring Sosial di Jepang

Sekarang gw mau ngebahas tentang situs
jejaring sosial yang di gunakan orang Jepang.
Kita tau pelepor Jejaring sosial terbesar
Di Jepang adalah Mixi.(yang buat org Indo jg seh..)
Ada yang punya account mixi? (bego ya kenapa gw tanya...) ya nga lha... toh itu kan jejaring sosial khusus region Jepang.
Dan jejaring sosial yang kita kenal selama ini kyk FB,Twit,FS,Myspace dll
Sedikit banget orang Jepang yang Mendaftar (ngak dikit" banget sih) dibanding teknologi mereka yg canggih
 Ada yang bilang orang Jepang kuper di Jejaring sosial,..ada juga yang bilang orang Jepang ngak mau mengumbar data pribadinya seperti mengisi biodata dan identitas dirinya...
Kenapa, koq bgitu ya?
Ya dimulai dari kenalan gw di Jepang yg smpet tanya jawab mengenai hal ini
dy nanya ke gw "orang Indonesia sangat jujur sekali ya, apa tidak takut ada penipuan?"
gw jawab "emang knp?"
dia "banyak foto yang di upload ya..."
trs gw mikir ("oh iy ya.., gw kan gk pernah liat org Jepang uplod foto dirinya banyak2" )
gw bingung mw jawab apa ywd langsung gw bales  "mungkin pengaruh lingkungan kali y"
dia "pantas...haha"
trus gw tanya "bagaimana dengan mixi, apa orang Indonesia bisa gabung?"
dia "saya tidak tahu,..tetapi harus ada mixi invitation dari seseorang"
"oh gitu " percakapan gw sampe di sini aja (Jepang gw masih cetek gan! )
Jadi kesimpulan gw selama ini tetang jejaring sosial di Jepang
- orang Jepang tidak mau membagi identitas nya terlalu detail serta foto diri
  entah takut ada yang iseng atau emang udah budayanya begitu...
  jadi gak sembarangan ya...
- Pengguna jejaring sosial (selain mixi) biasanya sudah berumur 20-40 an
  Jarang banget nemuin yang umurnya masih usia sekolah
- kalau mengupload foto paling foto" karyanya atau lingkungan/pemandangan, kyk awan, lingkungan rumah dll
  foto dirinya paling 2-3 doang, bahkan ngak ada...
Patut dicontoh gak ya??

Klo ngomongin mixi ternyata ngak sbagus yg gw kira gan,...
biasa aja... walaupun aman karena ada keitai mail nya
untuk mendapatkan keitai mail harus punya nomor hp jepang
gw pernah liat mixi tmn gw ,...tampilanya emang biasa aja...malah gw lbih prefer FS
Friend listnya ada 12 an klo gk slh,...foto nya ada 2 doang,...max 3
itu juga bukan foto aslinya...
gw juga bingung,...apa emang orang Jepang gk suka jejaring sosial atau apalah...
beda banget sama orang Indo...

3 komentar: